Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 09, 2006

Kerja Voor Zonder Gaji

Sebuah application Letter masuk dari India, pengirimnya seorang Master of Science Geologi dari sebuah Universitas disana dan ingin diterima sebagai sample catcher pada perusahaan kami. Di perusahaan tempat saya bekerja adalah hal biasa orang dengan status S2 (bahkan beberapa S3) bekerja sebagai mud logger, tetapi pelamar ini menghendaki jadi sample-catcher sebuah pekerjaan yang biasanya diberikan kepada tenaga kerja lokal. Biasanya tamatan SMA atau STM sudah memadai.

Rupanya Shah demikian namanya tidak kurang akal, dalam menyikapi pertarungan hidup, ia bersedia kerja selama 6 bulan tanpa dibayar alias memberikan Voor. Dan tidak menuntut waktu cuti selama 6 bulan. Seperti diketahui di lapangan mujdlogger bekerja dengan perbandingan 2 minggu di lapangan dan 1-2 minggu cuti di darat. Sekalipun pekerjaan mereka di pengeboran darat, tetapi setiap cuti masih digunakan "are you going onshore today?" yang artinya kembali ke rumah masing-masing.

Saya kutipkan sepotong suratnya :

"I will not do any demand of money and days off in six months now I hope that you will consider me and you will must provide a chance in the oil industry. I am waiting your call.

India atau Pakistan sudah terkenal dengan inflasi orang sekelas S2 atau S3 tetapi lapangan pekerjaan yang tidak banyak menyebabkan mereka menjadi tenaga kerja di luar dan umumnya "tahan banting.."

23 April 2003

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com