Kejang Otot

Date: Mon Feb 21, 2000 10:40 am

Bangun tidur enaknya kemudian ngulet (menggeliat), regangkan tangan, regangkan kaki, persis seperti iklan Kopi. Apalagi kalau pakai suara arghhh, sedap sekali.

Tapi....

Tiba-tiba otot betis serasa mau putus, ketika diraba-raba beda, dirasa-rasa, sama (sakitnya sebelum diraba). Seakan kemasukan telur ayam di betis anda. Otot mrengkel, kata kita.

Orang bule bilang Charley Horse. Teorinya, kita kekurangan garam dalam tissu otot. Ya kurang Kalsium, ya kurang Sodium ya kurang Potassium. Ini biasanya terjadi sewaktu siang hari kita mengeluarkan banyak keringat. Sampe ada iklan - "Kamu juga perlu," kata Mira mengiklankan suatu produk minuman yang rasanya asin seperti keringat Mira (kalau kurang kerjaan mencicipinya).

Kelelahan dalam bekerja atau berolah raga, ditengarai sebagai penyebab ngerumpinya asam laktat di otot kaki atau otot lainnya. Sampai-sampai kita teriak "kurang asam ".

Kalau Rudi Hartono, punya Soetrisno, tukang pijat yang tidak punya terpaksa merogoh kocek beli minuman elektrolit. Atau makan pisang yang katanya mengandung potassium, dan pijat lembut-lembut bagian yang sakit. Mandi air hangat, juga akan menolong. Supaya nggak dibilangin keminter, sok ndokteri, berikut address websitenya.

http://www.covenanthealth.com/features/health/sports/spor3206.htm

http://cpmcnet.columbia.edu/texts/guide/hmg24_0002.html

Comments

Popular Posts