Kata "Road" dalam bahasa Inggris tidka selalu Jalan

Date: Fri Jan 28, 2005 4:16 pm

Sebuah selat kecil yang memisahkan pelabuhan Fremantle di Australia dengan pulau Rottnest, menurut adat kita namanya Selat. Tetapi orang osie menyebutnya sebagai jalan. Nama perairannya adalah jalan Gage (Gage roads).

Gage adalah seorang Laksamana, Admiral Sir William Hall Gage (1777-1864) yang menyertai James Stirling melakukan survey di sungai Angsa. Lalu ada penjelasan bahwa "jalan" disini berarti suatu badan air yang tenang sehingga kapal bisa menurunkan jangkarnya. Ya tetep nggak nyangkut di otakku.

Lalu, istilah "painter", umumnya selama ini saya masukkan hati sebagai pekerja di rig yang tugasnya cuma ngecat saja (padahal nyapu dan bersih-bersih juga). Jadi agak bingung juga ketika dalam satu latihan penyelamatan kecelakaan pesawat Helicopter dengan menggunakan liferaft tipe "Whittaker", instruktur teriak "take knife and cut the painter..."

Whe lha kok sadis banget...

Visualisasinya kamar gelap gulita, lalu ada suara "kletek" - entah kenapa si pemain mendatangi tempat itu lalu "Zaab."

Ternyata painter adalah jargon untuk tali yang biasanya tidak dicat, dan menghubungkan antara rakit penyelamat dengan badan rig pengeboran. Bila dirasakan bahwa keselamatan sudah terancam, tali pengikat ini diputuskan agar menjauhi tempat kecelakaan, misalnya rig blowout dsb.
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe