Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 04, 2006

Karaoke plesetan Orchestra

KARAOKE - Karrapo OkeSutora
Karaoke (dibaca KariOhKiy), seringkali di plesetkan sebagai bentuk hiburan yang menyiksa pendengar (karena yang menyanyi sering nggak karuan), tetapi malahan menjadi bentuk dasar hiburan itu sendiri. Dulu penyanyi (saya tidak termasuk disini), harus bersuara tidak fals, napasnya panjang dan memilih lagu sesuai dengan timbre suaranya (ini saya dengar puluhan tahun lalu di acara Kuncup Mekar jam 15.00 STO Yogyakarta, masih belum berwarna). Ternyata pendapat tersebut di jungkir balikkan oleh penemuan karaoke, karena dengan perangkat alat ini suara boleh ngaco, pendengar boleh tersiksa, tetapi toh mereka masih datang untuk "disiksa" lagi kupingnya.
Karaoke sendiri merupakan bentuk hiburan dimana penyanyinya membaca lirik lagu yang terpampang di layar monitor sambil diiringi musik yang sudah direkam sebelumnya. Katanya, bisnis ini marak sejak 1981, berasal dari KARA(kependekan dari Karrapo=kosong), dan OKE-sutora (plesetan jepang dari Orchestra). Di Indonesia plesetan ini diterima sebagai kata-kata baru KaraOke.

http://www.bigfish.com/history.html
Date: Mon May 15, 2000 8:47 am

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com