Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 09, 2006

jangan melihat buku dari Sampulnya

BO WERO – hiduplah dengan kebebasan yang luas terhampar. Anehnya kita justru menutup sendiri peluang jalur sukses dengan buru-buru mengatakan “tidak” terhadap suatu jalur alternatif yang belum kita explorasi.

Tips#1 Melihat dengan Perspektip Baru
Tips#2 MindSetting (Penjara yang kita buat)
Tips#3 Melihat tanpa cap (Freedom from the known)
Masih ada 22 Tips secara keseluruhan.

Anda sudah bekerja lima, sepuluh, limabelas, bahkan dua puluh tahun. Istilahnya “pakar”. Ada problem di kantor maupun di lapangan, anda adalah troubleshooter yang sukses. Lalu datang "pendatang" baru di kantor anda yang berani-beraninya mengusulkan cara “trouble shooter” yang berbeda dengan konsep anda selama ini.

Anda akan menjadi petualang sejati jika mengatakan “Ya kita coba cara itu..”

Tapi tak jarang kita mengatakan “Ya, kita coba,” tetapi dalam hati mencibir dan berdoa agar si hijau sok tau ini gagal. Sikap yang umumnya dimiliki kebanyakan orang inilah yang akhirnya akan menjebak kita ke alam rutinitas.

Penulis lalu mengacu buku Anand Khrisna, untuk melatih cara memandang benda ataupun obyek.

Pesan Anand ika berhadapan dengan seseorang, atau benda. Lihatlah dengan sikap “apa adanya.” Jangan memberikan cap, ilusi atas obyek yang sedang kita lihat. Jangan membuat stereotype terhadap seseorang, misalnya cap stereotype orang Madura sebagai keras kepala, orang Padang pandai bersilat lidah, orang Batak selalu berbicara lugas. Mulailah memandang obyek seperti orang baru lahir kedunia. Nol pengalaman, Nol Judgement.

Lebih lanjut Anand memberi nasihat untuk mengajukan pertanyaan yang sifatnya “impossible.” Dari pertanyaan "stupid impossible" kadang muncul ide baru
yang briliant.

Anand Khrisna adalah penulis buku yang produktip sekalipun saya sampai sekarang membacanya seperti mblebet kesana kemari.


*** BAGAIMANA AGAR SUPAYA SAYA BISA.... ***

Sebuah kutipan dari penulis bestseller Rich Dad Poor Dad – Robert Kiyosaki mengatakan bahwa kebiasaan mengatakan "tidak mungkin" "tidak bisa" sebaiknya
mulai dihindarkan. Ini adalah “kemalasan mental.” Biasakan dengan memulai tugas dengan pertanyaan misalnya “bagaimana supaya saya bisa…bla..bla.. bla .”

Dengan cara itu, kita memberikan lahan subur untuk berkembangnya "insight" yang mengubah kemustahilan menjadi kemungkinan. Bo Wero, hiduplah memulai dengan melepaskan hal yang sudah kita ketahui, untuk memungkinkan munculnya “insight” baru sehingga membuat segala sesuatu menjadi mungkin.

Jakarta 15 maret 2003
MBS

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com