March 04, 2006

Jadi penerjemah sambilan

Beberapa hari yang lalu saya pernah menulis tentang satu situs yang bisa membuka beberapa homepage sekaligus dalam satu halaman. Pembuatnya adalah bekas jurnalis CNN. Dulunya dia selalu buka halaman koran di internet untuk mencari bahan tulisannya. Dia menggerutu karena harus menghabiskan waktu 2 jam hanya untuk mengunjungi 20 situs. Padahal sebagai wartawan dia selalu dikejar dead line.
Dia juga melihat, bahwa sekali orang mengunjungi situs, biasanya akan datang untuk selanjutnya. Jarang orang "ngayap" kesana sini untuk cari situs baru.

Kenapa tidak menciptakan satu halaman, berisikan detik.com, gajahsora.net, kr.co.id, kompas.com, toh hanya pointer tertentu yang diinginkan oleh pembacanya.
Dari situlah muncul pemanfaatan cara penulisan homepage yang disebut bahasa Pearl.

Hasilnya mengezuutkan!!!

Dari 2 jam surfing, ternyata sekarang dia hanya 20 menit saza sekarang. Apa nggak azaib bo!. Itu gara-gara http://www.quickbrowse.com

Jangan salah menulis QuickBrownFox.com itu sih situs cara ngetes mesin Tik yang baru di reparasi di Jalan Diponegoro Yogya. Marc Fest jadi kedongkrak namanya ketika situsnya dimanfaatkan oleh jurnalis Bangkok Post, dan cerita sukses berjalan on... and on. Jurnalis Asian Wallstreet Journal juga menulis kehebatan quickbrowser.com tidak lupa para pengekor-pengekornya juga ikutan bikin. Cuma yaitu, yang aseli tetap di cari. Marc akhirnya dapet info bahwa situsnya di bahas di majalah TEMPO, cuma dia belum kenalan dengan Yus Badudu. Cuma mimbarse@gajahsora.net yang dia kenal.
Singkat cerita, isi majalah Tempo minta di terjemahkan kebahasa Inggris dan 75 bucks masuk rekening saya. Lumayan ten minutes job.

Ah ada gunanya juga main-main di Internet.

Date: Fri Jun 16, 2000 2:41 pm

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com