Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 10, 2006

Irianti

Melihat birunya laut, hati Irianti tergoda untuk berenang di pantai Pangandaran. Ia memang jawara renang di kampusnya sehingga ketika secara tidak sadar ia sudah menjauhi teman-temannya. Untung ia cepat sadar akan bahaya jika berenang terlampau jauh ketengah sehingga ia berniat kembali ke pantai. Ketika itu ia merasa ada sesuatu yang menariknya ke dasar samudra sehingga sekalipun awalnya ia tenang, tetapi perutnya mulai dijalari rasa kram. Terang saja ia panik dan teriak-teriak minta pertolongan temannya, namun tak seorangpun dari mereka memperdulikan teriakannya, sebab selain sudah berada dikejauhan. Mungkin temannya beranggapan ia bercanda. Masa Jago Renang minta tolong.

Ketika stamina tubuhya mulai menurun, ia malah pasrah lalu berdoa, karena tahu bahwa hal terburuk yang mungkin terjadi yaitu tenggelam, menemui ajal mengisi headline surat kabar: "Lagi-lagi Seorang Pengunjung di Pangandaran Tewas Tergulung Ombak..."

NELAYAN

Untung seorang nelayan dengan perahu kecil mengangkatnya dari laut, sebelum jatuh pingsan karena kelelahan sayup ia mendengar gumaman dari nelayan itu bahwa ia memasuki wilayah pusaran air. Ketika ia sadar, didapatinya dirinya sudah berada di atas pasir di pinggir pantai. Tidak ada seorangpun yang memperdulikannya. Dan anehnya tak seorangpun rekannya melihat ada nelayan menggotong tubuhnya ke pantai.

Kisah itu sampai sekarang masih misteri bagi Irianti Erningpraja, seorang presenter TV, penyanyi yang menyabet banyak penghargaan dalam festival tarik suara, bahkan 8 buah lagu ciptaannya juga sempat hit. Hidupnya penuh dengan perhitungan matematis. Rasio dan rasio mewarnai denyut nadinya. Ia seakan mencari dan mencari sampai pada suatu titik jenuh, mau apalagi hidup didunia ini?.

Ia sudah terkondisi pada keadaan seperti yang disinyalir oleh Covey, "Menggergaji terus tetapi alpa alias kelupaan untuk mengasah mata gergajinya yang mulai majal.."

Ketika memandu acara ALTERNATIV yang menjaring banyak pemirsa ia sempat terheran-heran melihat banyak keajaiban terjadi dengan pengobatan Alternativ, jiwanya tergugah."Oh kalau begitu memang ada to pengobatan-pengobatan non medis yang nyatanya berhasil."

Pengalaman lainnya ia pernah diserang sakit gigi yang hebat. Tetapi ketika menonton filem yang seru jalan ceritanya, ia jadi lupa akan sakit giginya. Irianti sadar bahwa manusia bisa menembus "Tembok Keterbatasannya," asalkan memang ia tekun berlatih. Buktinya ada orang bisa berjalan di atas bara api tanpa terbakar.

Dari hasil perenungannya, terbitlah buku semacam Self Manajemen yang menitikberatkan pada kecerdasan Spiritual. Buku yang ditulis oleh Aribowo dan Irianti ini membagi atas tiga bagian yaitu "Spiritual Thought" yang berisikan renungan tentang hakikat spiritual, "Spiritual Workout" artinya tips-tips untuk meningkatkan kecerdasan spiritual seperti "stretching, deep breathing, detoxifying, relaxing at alpha
state."

Bagian terakhir dari pembahasannya adalah "Spiritual Behaviour" yaitu pengendalian diri, beramal dan bersyukur, pasrah, rendah hati, tidak cemas dan mencintai pekerjaan kita.

Sekarang si Molek Irianti lebih suka berenang di lautan Chi (Qi) yang selalu tersedia bebas disekitarnya. Inilah catatan perjalanan seorang Selebrities. Buku yang jarang ditemui sebab pada umumnya mereka jauh dari dunia tulis-menulis.

Mimbar Seputro
Wednesday, July 30, 2003
Belum kenal kecerdasan SPIRIT..TUS

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com