Ikut Kesurupan

Date: Wed Nov 1, 2000 1:28 pm

Seorang teman beruntung dikirim ke New York untuk ikut sebagai delegasi mewakili Agama di Indonesia. Tema pertemuan adalah Agama dalam Celestine. Mereka bisa ketemu Saibaba, dan para tokoh Suci yang menurut "mata batin" mereka, punya pesona luar biasa, sekalipun berpakaian luar biasa sederhana.

Setiap delegasi diberi kesempatan menyampaikan pidato, yang biasanya sudah di terjemahkan kedalam bahasa masing-masing. Namanya juga PBB Politik masuk panggung juga ada, Dalai Lama malahan sengaja tidak diundang. Sehingga menimbulkan perdebatan sengit diantara para tokoh agama kelas dunia tersebut. Tapi itulah gading retaknya.

Ketika memasuki acara doa, ternyata doa ini tidak diterjemahkan.

Dari India, dari Arab dan masing-masing perwakilan diberi kesempatan berdoa di panggung dengan cara masing masing.
Ketika masuk giliran berdoa dari Afrika, doanya mirip upacara Vodoo di filem James Bond. Lirih, tapi kadang-kadang keras. Karena tidak diterjemahkan, peserta lain hanya mendengarkan dan menikmati doa yang ternyata panjang dan lama.

Tidak lama kemudian dan satu persatu peserta dari Afrika naik kepanggung melantunkan doa, makin lama makin keras. Bahkan pakai acara menari-nari. Barulah peserta sadar ketika, beberapa petugas polisi naik dan membawa keluar pendoa tambahan tadi.

Usut punya usut, ternyata ketika acara berdoa, beberapa peserta dari Afrika kesetroom pak Vodoonya, lalu kesurupan dan naik ke panggung. Terpaksa petugas menurunkannya, lha forum dunia Jeee.

Comments

Popular Posts