Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 10, 2006

HUT Betawi 22 Juni 1527?

Apa bener Betawi diresmikan pada 22 Juni 1527?

Pertanyaan ini sama dengan apa betul Remus dan Romulus yang minum dari "ASS" maksud saya Air Susu SriGala itu yang mendirikan Roma, atau Kyoto dengan mitos Dewa Matahari. Inilah peran mitos yang masuk kedalam sejarah tatkala sejarah tidak memiliki bukti otentik. Sejujurnya tidak ada sebuah kota yang didirikan dengan dokumentasi yang begitu gamblang. Dokumen tertua karangan Tome Pires pada tahun 1512-1515 menyebutkan ada suatu permukiman di mulut sungai Ciliwung yang bernama Sunda Calapa atau edisi Laksamana Zheng Ho adalah Cia liu-pa (Calapa.) Sementara nama Jayakarta baru dikenal berdasarkan dokumen Barros tahun 1553 yang mengatakan "Kepulauan Sunda mempunyai 6 pelabuhan Chiamo, Xacatara, Caravam (Karawang), Tangaram (Tangerang), Cheguide (Cigede), Pontang (Pontang) dan Bintam (Banten). Jadi kalau ada yang menulis bahwa nama Jakarta dikenal sejak 1527, kita mengorupsi seperempat abad lebih maju. Sampai akhir abad -15, nama Sunda Calapa masih dipakai terutama dalam log book kapal Belanda.

Sunda Calapa direbut dari kekuasaan kerajaan Hindu Sunda oleh pasukan koalisi Islam dari Cirebon-Demak-Banten. Awak kapal Portugis yang dipimpin D. de Coelho dan terdampar di Pantai Sunda Calapa dibunuh dan dipukul mundur oleh penguasa baru (!). Masalahnya siapa yang memimpin koalisi tersebut. Lalu untuk mengisi kekosongan sejarah, dibangunlah tokoh "pendiri" Jakarta seperti Fadillah Khan yang dikabarkan tokoh Samudra Pasai (Sumatera Utara).

Mengingat sumber sejarah yang sulit ditemukan bahkan nihil, maka awal berdirinya kota Jakarta akan dilibet kabut. Atau kita memang lebih suka menerima cerita legenda atau mithos yang kalau di kaji mempunyai interest terhadap kerajaan dimana mithos tersebut dibuat.

Jakarta 18 Jun 2003
MBS

Mau jadi ahli sejarah keliru stupid mudlogger

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com