Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 02, 2006

Di usir Bondan Gunawan

Date: Tue Jan 18, 2000 9:26 pm

Saya baca di mass media pemerintahan Gus Dur mengangkat seorang stafnya yaitu ir. Bondan Gunawan sebagai Sekretaris Pengendalian Pembangunan. Di luar kontroversi yang muncul, saya punya kenangan tersendiri terhadap Bondan Gunawan.
Dia dulu menjabat Manager dan asistant instruktur salah satu perguruan Karate di Yogya. Salah satu instrukturnya adalah George Rudy, yang sekarang jadi bintang laga.
Kadang tempat kami latihan pindah dari satu tempat ke tempat lain. Pernah suatu ketika latihan didaerah "Kerkoof, atau THR di Gondomanan. Keruan saja para preman sana menonton kami latihan, Gleg, langsung semua kecut karena bisa-bisa diajak "uji coba" kan berabe.

Tiba-tiba muncul seorang preman UPN yang kesohor, Bebek, dan teman saya kuliah. Cess hati saya rada tentrem. Bebek hanya melihat sebentar kemudian anak-buahnya satu persatu bubar.

Yang heboh dari perguruan ini, iurannya sekitar 3x lipat perguruan karate lainnya. Hal ini sempat saya tanyakan mengapa bisa terjadi iuran bulanan begitu tinggi ?

Katanya untuk membangun dojo di Jepang, wah saya kaget setengah mati, lha bukannya Jepang lebih kaya dari kita, kok Indonesia ikutan nyumbang. Lucu. Rupanya ini memang kesamaan sikap. Kalah perang tapi merasa kaya.

Genap 3 bulan latihan (belum sempat punya karate gi) suatu sore, ketika tiba waktu latihan, saya dan beberapa teman dipanggil, lalu disuruh keluar. Ternyata saya telat seminggu membayar iuran anggota. Maklum uang saku mahasiswa selalu pas-pasan.
Beberapa hari setelah di usir, rupa-rupanya "kebijaksanaan" kaku tadi ditinjau kembali dan saya dipanggil masuk untuk latihan. Tapi "darah mutung" saya yang menang. Saya tidak pernah berniat balik latihan. Dan itulah pengalaman singkat ikut beladiri di bawah kepemimpinan Bondan Gunawan.
Anak Geologi UGM ini Yogya memang dia aktip dalam kegiatan diskusi politik sehingga pernah di tangkap aparat ketika sedang mengadakan saresehan politik.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com