Cendana

Date: Sun Dec 26, 1999 6:23 am

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan seorang pengawal pribadi MHS.

Setelah menanyakan kesehatan masing-masing maka kesehatan MHS saya tanyakan kepada orang Wates - yang berpangkat Kolonel Kopassus ini, dijawab "bapak sehat-sehat saja". Bapak maksudnya mantan nomor satu NKRI yaitu MHS. Lantaran jawaban tersebut saya berani bertanya lebih lanjut, apa yang dilakukan beliau saat ini.
Dijawab " beberapa stafnya baik di dalam dan luar negeri sedang menyusun semacam memoir, katakanlah semacam pembelaan."
Buku ini tentunya menunggu "waktu tepat" untuk diterbitkan. Dengan didukung oleh sang Pengacara, sekarang sedang dilakukan pendataan, tokoh-tokoh yang dulu semasa MHS berkuasa pernah "pinjam" sejumlah uang, plus bagaimana strategi pejabat tertentu mulai dari bayi ompong yang kemudian bermetamorfosa menjadi macan ganas yang mencabik-cabik dirinya.

Lantas dibicarakan harta MHS. Secara hati-hati dia berkomentar "mana ada harta yang dikembalikan, akan diserahkan negara."

"Yang dulu-dulu sih harta pejabat yang dianggap "korup", selalu menjadi ajang rebutan mengais rejeki nomplok pejabat" Yang menarik (kalau ini benar) adalah surat dari sejumlah anak muda yang konon meminta maaf telah menghujatnya secara keras.
Bak dongeng Malin Kundang, dikabarkan para penghujat ini suatu hari jatuh sakit, malahan ada yang terkena "stroke", setelah diobati di sana sini (harusnya ke dokter), namun penyakit tak kunjung reda.

Orang pinter (tapi tak bergelar Profesor), menasihati mereka. "Anda pernah berbuat salah kepada seseorang, nah minta maaflah." Tak jelas bagaimana kelanjutan cerita ini sebab Oom Wates harus kembali secepatnya. Disamping ada beberapa tamu yang dianggapnya tidak layak mendengarkan cerita ini. Padahal saya masih ingin tanya, mengapa ada orang Ring I nya yang terlibat pengibaran bendera di ujung timur negeri ini. Saya berjanji beberapa waktu lagi, saat lebaran, untuk ke rumahnya di Barmis.

Mudah-mudahan Oom Wates ini tidak mengawal mancing, atau malahan ke Solo di hari lebaran yang tinggal dua pekan lagi.
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe