Calon Investor

Beberapa hari lalu saya mendapat order mengantarkan calon investor dari negara tetangga untuk mendapatkan suatu konsensi PSC (Production Sharing Contractor). Kalau tidak salah daerah yang ditawarkan adalah kawasan Anambas. Tempat pertemuan adalah lantai 16 di kawasan Kuningan. Hasil pertemuan menyimpulkan bahwa apapun yang terjadi, maka kawasan Anambas yang pernah di tawarkan pada 2001, masih tetap ditawarkan kepada calon investor melalui "tender," sementara orang bulai maunya "direct award" tanpa tender. Mungkin Migas pikir "Kok Nyimut"

Calon Investor ini mengeluh dengan kerja di China, masyarakat minyak disana adalah jago komplin luar biasa. Baru ketemu sudah komplain, dinaikkan gajinya komplain. Yang senangnya, harga Reda Pump bajakan di Cina cuma sepertiga harga aselinya, dan mutunya tidak beda terlalu jauh. Tambahan lain, pemerintah sana melegalkan prakten ini dan menggotuhelkan ancaman Barat. Lha saya ini bagaimanapun cuma stupid mudlogger, jadi saya terpaksa membuat catatan bahwa untuk lapangan minyak (kalau ada), perjanjian bagi hasil adalah 85% NKRI dan 15% PSC sedangkan sumur gas (ada kalau), perjanjiannya 65% NKRI dan 35% PSC, dengan catatan Investor Credit sebesar 17% dan First Tranche Petroleum sebesar 20%

KETEMU REKTOR UPN

Yang mengagetkan adalah saya ketemu Rektor UPN Yogya mas Dr.Ir. H. Supranto SU, mas Dr. Ir. Hendaryono, mas Djoko, mas Heri Purnomo (Migas). Kagum juga saya dengan mereka bahwa sekalipun saya anak Minyak dan mereka dari Geologi dan Teknik Kimia, tetapi rasa kebersamaan masih lekat. Rupanya ubet juga rektor kita ini mendatangi lembaga-lembaga negara yang terkait. Lalu obrolan "kangen" kembali ke masa lampau dsb..dsb.. Ada anggota rombongan yang kurang kenal siapa saya "cah minyak to?" tapi menjadi ngeh setelah saya bilang "e-mail engineer, tukang forward Nagasasra dan Sabukinten. Ah pikir saya, pekerjaan isengpun kalau serius dan konsisten bisa menjadi trade mark saya. Brand Image kata para pebisnis.

Mimbar Bambang Seputro
Date: Sun Sep 24, 2000 9:20 pm
12272
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe