Brake no eat (rem tidak pakem)

Date: Thu Aug 7, 2003 11:22 am
SUNGGUH-SUNGGUH TERJADI (SST)

Seorang teman membaca sebuah laporan aktivitas "perforasi" sebuah sumur yang baru selesai di bor dan sudah tersemen dengan baik. Sumur yang selesai di bor umumnya segera ditutup dengan pipa besi dan disemen agar lubang tidak keburu longsor, selain tentunya untuk memilah-milah mana zone minyak, air maupun gas. Kalau perusahaan minyak kepingin ambil minyak, maka segel didepan lapisan minyak dilubangi dengan tembakan seperti "jet" harapannya setelah di bolongi, maka minyaksegera menyembur dari bekas luka tersebut.

Laporan tersebut berbunyi

"Gun Exploded, but Cable Broken"

Tidak ada yang salah dalam kalimat ini, kecuali pekerja perminyakan menginterpretasikannya sebagai "gangguan kerja" dan akan menunggu laporan selanjutnya dari laporan ini adalah tindakan memancing (fishing) alat yang keburu "broken" atau putus akibat peralatan pengeboran yang meledak.

Setelah ditunggu beberapa jam tidak ada laporan "fishing" orang mulai curiga ternyata maksud sang pembuat laporan adalah ketika peralatan survey di turunkan ke dalam lubang bor, salah satunya dimasukkan rangkaian peluru perforator (untuk melubangi dinding lubang bawah permukaan yang sudah disemen dan diselubung besi baja).

Umumnya laporan seharusnya ditulis "gun fired", maksudnya dengan sengaja rangkaian "peluru" ditembakkan. Lha kalau exploded, bayangan orang, ada kesalahan dalam prosedur kerja sehingga meledak. Apa ini gara-gara bom JW Marriott "blast" yang salah satu tempat "paporit" kami berbincang dengan pelanggan. Sehingga sang penulis laporan ikutan menggunakan bahasa gaul exploded"

SST yang lain adalah laporan mengatakan Cable Broken. Kabel yang putus ibarat tali timba putus dalam sumur. Timba bakal tenggelam di dasar sumur, harus diupayakan mengambilnya dengan tindakan "fishing". Padahal maksud pembuat laporan adalah "cable malfunction" sehingga ketika berhasil meledakkan peluru, tetapi alat yang lainnya tidak berfungsi karena saluran kabelnya terganggu.

Bahasa beginian memang masih merupakan kendala kita.

Comments

Popular Posts