Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 03, 2006

Bedah Kolam

BEDAH KOLAM DENGAN GELODOGAN

Ketika menyaksikan petani ikan "membedah" kolam saya mendengar banyak sekali istilah yang bisa menimbulkan salah pengertian. Bedah, suatu istilah yang dikenal dikalangan kedokteran, membuka sesuatu sampai isinya keluar, di terapkan oleh petani Jawa Barat untuk membuat lubang dan membuang isinya. Padanan kata untuk menguras kolam.

Sebelum membedah kolam, maka sumbat pada "GELODOG" di cabut. Tahu anda yang dimaksud dengan Gelodog-an tersebut, tidak lain dan tidak bukan pralon (PVC) saluran pembuangan air.

Saya jelaskan bahwa benda yang terbuat dari PVC ini namanya pralon (sekalipun tidak betul pembuatnya cuma pabrik Pralon). Tapi petani cuma berkilah, pralon kalau di udara pak, kalau sudah masuk nyungsep dikolam jadi Glodogan.

Satu lain istilah, di daerah ini tidak ada petani bercocok tanam kacang tanah. Bukannya pantangan atau daerahnya tidak subur, cuma kalau kacang tanah, konotasinya seperti barang yang tidak terpakai.
Maka mereka menggantinya dengan sebutan kacang cabut.

Date: Thu Apr 20, 2000 12:44 pm

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com