Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 08, 2006

Bakso Kotak dan Gelundungan apa bedanya..

Catatan dari seminar IAGI di Surabaya.

Setelah letih berjalan mencoba mengenal kawasan Darmo Surabaya lebih jauh, kami berhenti disebuah restoran. Sebuah resto khusus Bakwan Resep Kuno terpampang didepan kami dengan embel-embel berdiri sejak 1931 (dan tidak pernah duduk sejak berdiri). Kami masuki resto tersebut, apalagi arloji ditangan sudah manteng diangka 12 siang.Uwah Surabaya kalau sedang begini puanas sekali.

Lalu saya memesan seporsi bakwan. Harapan akan melihat gorengan tepung dan udang plus taoge menjadi sirna ketika mbak pelayan tertawa, "nanti nggak habis lho pak satu porsi"

Lalu saya tanya bakwan disini bentuknya seperti apa? - ya seperti bakso katanya. Di dinding toko juga tertulis "hand made meat ball." Tetapi setelah "bakso" tadi diperlihatkan, nyata betul itu adalah bakso kotak! bukan bola seperti yang biasa dilihat di Jakarta. Meat ball-nya nggelundung kemana ini?

Okey saya pesan setengah porsi! boleh kan? - ternyata setengah porsi adalah angka minimum yang diperkenankan, kalau satu porsi dianggap serakah.

Si mbak masih belum beranjak dari sisi meja, sehingga saya pandang dengan isyarat "ada yang lain?"

Lagi-lagi si mbak tanya "bakwan kasar atau alus?." Bawel juga nih pelayan.

Ini betul-betul pertanyaan yang menggelikan sekaligus menggemaskan. Ternyata bakso daging sampi disebut bakwan "halus", tapi kalau yang ada uratnya dinamakan bakwan "kasar."

Terpengaruh dengan suasana di Binjai, saya langsung minta bakso kotak eh bakwan kasar. Mudah-mudahan tidak terkena kartu kuning nantinya.

Date: Thu Oct 3, 2002 10:59 pm

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com