Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 10, 2006

Asah gergaji - Fisik

Belakangan Rudhy (nama separoh benar) mengeluh kehilangan gairah kerja, sulit baginya untuk memfokuskan diri pada pekerjaannya. Ia merasa sepertinya ada yang tidak beres dengan tubuhnya. Padahal tadinya Rudhy adalah orang yang sangat ambisius dan workaholik sehingga ia tidak punya waktu mengisi formulir pengajuan cuti atau malahan bangga "tidak pernah minta verlof" alias cuti. Padahal survey membuktikan bahwa setelah bekerja sekian lama (satu tahun), seseorang harus mengambil cuti, istirahat agar sel-sel tubuh mampu mengembalikan kesegarannya.

Covey menggambarkan masalah ini dengan perumpamaan melihat orang menggergaji kayu. Mula-mula bagian terluar kayu masih lunak sehingga mata gergaji yang masih tajam mampu memotong kayu dengan cepat, tetapi lambat laun tatkala masuk ke bagian inti, selain kayu mulai mengeras, mata gergaji juga mulai tumpul. Akibatnya kemajuan menggergaji mulai tersendat-sendat. Kepada pak gergaji kalau ditanya mengapa masih menggergaji jawabnya mungkin "Sudah tanggung, kami sudah letih 5 jam menggergaji kayu ini. Sebentar juga selesai."

Yang terjadi, gergaji tidak mampu memotong satu milipun.

Padahal kalau pak gergaji mengambil langkah "stop sejenak" untuk mengasah mata gergajinya, maka pekerjaannya akan lebih efektip atau lebih cepat diselesaikan. Beberapa agama memberikan aturan untuk "break" diantara jam-jam kerja sehingga pikiran menjadi lebih tenang, dan lebih segar.

Shepherd menjabarkan bahwa hidup sehat dan seimbang mencakup "spiritual," "mental", "sosial" dan"fisik"

Sebaiknya anda baca sendiri bukunya. Tetapi sepotong cerita soal Asah Gergaji Fisik akan saya tulis kembali disini.

Asah Gergaji Fisik

Biasanya karena tidak ada keluhan maka fisik sering dilupakan orang. Kebanyakan kita berfikir kita tidak mempunyai cukup waktu untuk berolah raga, padahal sebenarnya kita tidak punya waktu untuk tidak berolah raga. Ini berbicara tentang 30 menit sehari berjalan kaki, dan hanya dua hari sekali. Kita hanya berbicara pakai sepatu keds ataupun nyokor, dan jalan. Tidak ada peralatan khusus ataupun ruang spesial.

Hanya satu yang diperlukan, proaktip. Kerjakan saja. Misalnya hujan pada pagi hari. "Asyiiik Hujan, saya harus mengembangkan kekuatan dan kemauan saya dan tubuh sekaligus..."
Manfaat olah raga tentunya tidak perlu saya tuliskan kecuali olahraga meningkatkan daya Tahan, kelenturan, dan Kekuatan. Jadi kalau di kantor ada kegiatan olah raga, selain perusahaan mendapatkan keuntungan dengan pegawai yang lebih sehat dan segar, juga sekaligus merupakan komitmen pegawai terhadap perusahaannya.

Asah Spirit, Mental dan sosial, menyusul
Mimbar Seputro
0811806549
23 Jul 2003

Baru olah raga dua jari yang banyak. Ngetik...
Baru selesai cuti di Citayam

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com