Kunci Pengaman Pedal

2/25/2006

Kita bicara pengaman mobil anti maling, yang dipasang antara pedal dengan roda stir. Kalau anda beli pengaman sejenis ini, maka hampir bisa dipastikan cara pemakaiannya tidak jelas dan ini mengundang bahaya. Hanya dikatakan, kaitkan salah satu kakinya ke pedal rem atau kopling, sementara ujung yang lain ke roda stir.

Pedal Kopling atau Rem apaan?

Posisi rumah kami di Citayam berada sekitar 10 meteran di bawah jalan Raya Citayam. Untuk mengakses kerumah saya terpaksa membuat jalanan semen sendiri. Saat itu jembatan membelah saluran irigasi menuju rumah sedang di perbaiki akibat terjangan banjir. Kijang diparkir agak jauh dari rumah dengan posisi menurun. Sebagai pengaman tentu saja dipasang kunci stang stir. Tak lupa balok kayu untuk ganjal ban.

Pagi-pagi mobil distart, masuk perseneling mundur. Karena rumput basah, ban kepater. Tapi saat gas dilepas, mobil malahan menuruni tebing. Baru nyadar, pengait masih terkunci antara rem dan stir.

Sehingga, perlahan tapi pasti mobil berencana berenang kedalam saluran irigasi. Rem tangan ditarik tetapi mobil keburu sudah meluncur.

Bala tentara yang ada sekitar saya langsung menahan lajunya kendaraan. Saya dan mobil selamat. Dua tahun berlalu, tetapi kalau terlintas peristiwa tersebut bergidik bulu roma-ku.

Memasang pengaman mobil tidak bisa diserahkan kepada orang lain. Juga aturan pakainya masih rancu. Bisa dipasang di "brake" rem atau "clutch" - kopeling. - Lha kalau sudah keteledoran seperti saya, apa tidak jadi kepikiran bang Toyib, Sampai 3 kali lebaran 3 kali puasa

Kedua kalau mobil dipinjam seseorang. Pastikan mereka tahu cara memasangnya. Atau lebih aman, gunakan yang mengait dari roda stir ke dashboard. Selain mudah pemasangannya kemungkinan salah lebih kecil.

Comments

Anonymous said…
masang kuncinya jangan sama rem donk pak,
paling bagus sam akopling, biar nggak bisa ngopling

Popular posts from this blog

Polisi Ubah Pangkat

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Menu Makanan Kantin di Rig Terapung